Skip to main content

Search This Blog

Solusi Mesin Cuci 2 Tabung Pengering Tidak Berputar dan Air Keluar Terus

Solusi Mesin Cuci 2 Tabung Pengering Tidak Berputar dan Air Keluar Terus Di Update Maret 2019

Solusi Mesin Cuci 2 Tabung Pengering Tidak Berputar dan Air Keluar Terus – Bagaiman cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung air keluar terus dan pengering tidak berputar? kalau kamu mempunya mesin cuci seperti ini merek panasonic model NA-W70B1BW, sabaiknya kamu ingat ingat postingan aku ini.karna suatu saat yg namanya peralatan elektronik pasti ada usianya terutama pada saluran pembuangan yg tiap hari dilewati air kotor saat mencuci.

Solusi Mesin Cuci 2 Tabung Pengering Tidak Berputar dan Air Keluar Terus

Mesin cuci jenis 2 tabung seperti ini sekarang bukan lagi barang mewah dan sudah banyak di miliki oleh kalangan orang rumah tangga, karna harganya yg relatif murah dan daya listriknya lebih kecil kalau di banding yg 1 tabung baik top loading atau front loading.

Solusi Mesin Cuci 2 Tabung Pengering Tidak Berputar dan Air Keluar Terus


Apa penyabab air keluar terus pada mesin 2 tabung ini? 

1. seal pembungan kotor, seiring dengan lamanya pemakaian,  kotoran akan menempel pada  sel pembunagn tersebut sehingga menyebabkan posisi seal pembungan tersebut terganjal (seal pembuangan tidak menutup dengan rapat) yg menyebabkan rongga/lubang sehingga air akan keluar terus meskipun posisi knop tidak pada drain(buang).

solusi : bersihkan seal pembuangan dan pasang lagi

2. seal pembuangan terganjal sebuah benda seperti cemiti,jarum,kancing baju, atau terlebih uang logam. kasus seperti ini biasa terjadi pada jenis mesin cuci  yg pulsatornya ada rongga memang desain dari pabriknya untuk sebagian merek tertentu.

solusi : bersihkan seal pembuangan dan ambil benda yg mengganjalnya kemudian pasang lagi

3. seal pembuangan sudah kaku / tidak elestsi,  kalau di lihat tampak fisik memang tidak apa apa tapi setelah di bersihkan dan di pasang lagi air masih keluar terus.

solusi : ganti dengan yg baru

Baca Juga :  5 Penyebab Kulkas Tidak Dingin-Dingin Dan Bukan Dari Kerusakan Fatal

4. per pembuangan berkarat dan patah sehingga tidak mempunyai daya dorong terhadap seal pembuangan.

solusi : ganti dengan yg baru

5. seal pembuangan sobek, biasanya kasus seperti ini terjadi pada mesin cuci yg sudah tua dan tidak sempat di bersihkan saluran pembuanganya.

solusi : ganti dengan yg baru

seandainya kamu membeli seal pembungan ke toko spare part sebaiknya kamu membawa contohnya meskipun barangnya sudah rusak, karna macam dan jenisnya sangat banyak. Sekilas tampak fisik seperti sama tapi saat di pasang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan jangan membeli berdasar merek dan model mesin karna toko tidak mengetahuinya, kecuali kamu beli pada dealer resminya.

Apa penyebab pengering tidak bisa berputar pada mesin 2 tabung ini?

1. Kabel putus kasus seperti ini biasa terjadi karna kabel dimakan tikus. coba kamu cek pada bagian penutup belakang, biasanya paling sering terjadi putus pada bagian kabel yg naik ke panel timer atau pas pada bagian dalam panelnya timmer.

solusi :
a, sambung kabel yg putus dan sesuaikan dengan warnanya
b. lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin cuci untuk mengurangi tikus datang
c. pasang pengaman anti tikus, dengan cara memesang kawat RAM kawat LOKET pada bagian bawah mesin

2. Tali rem pengering putus, kasus seperti ini biasa terjadi juga karna tali rem di makan tikus,
posisi putusnya biasanya dibawah timer pengering. Rem pengering berfungsi  untuk menghentikan putaran dinamo pengering secara konstan saat pintu pengering dibuka, seandainya talinya putus maka dinamo akan mengerem terus (seret) walaupun pintu pengering tertutup sehingga dinamo pengering tidak kuat berputar.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kulkas 2 Pintu Terjadi Bloking ES

solusi :
a.  tarik kawat seling rem dengan tali atau kawat sehingga terbuka, trus coba putar dengan  tangan tabung pengering kalau sudah tidak seret berarti  sudah beres.
b. lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam  atau bawah mesin untuk mengurangi tikus datang
c. pasang pengaman anti tikus, dengan cara memesang kawat RAM kawat LOKET pada   bagian bawah mesin

3. door switch rusak ( tidak sambung ) posisinya ada di dekat timmer pengering, tapi kerusakan seperti ini sangat jarang terjadi kecuali pada mesin cuci yg saluran masuk airnya ada 2 merupakan samping kanan dan kiri, posisi kanan dekat dengan door switch pengering yg menybabkan peralatan menjadi lembab dan akan mudah ngefong ( tidak sambung ).

solusi ; bongkar dan bersihkan dengan kertas gosok

3. kapasitor rusak, cirinya  merupakan ketika timmer di putar ada suara dengung yg artinya ada arus masuk ke dinamo tapi dinamo tidak bisa berputar sehingga menimbulkan suara dengung. kamu bisa mengetahuinya setelah kamu melakukan 3 langkah di atas . kapasitor untuk jenis mesin cuci panasonic ini bentuknya kotak berwana hitam tidak seperti kapasitor mesin cuci pada umumnya yg bentuknya bulat seperti tabung.  kabelnya ada 4 yg 2 untuk pengering  dan yg 2 lagi untuk pencuci.

solusi : ganti dengan yg baru dan sesuaikan dengan ukuran aslinya

4. timmer pengering rusak, cirinya merupakan ketika di putar tidak berbunyi dan tidak ada dengungan suara pada dinamo. kerusakan pada timmer pengering ini karna per di dalamnya sedah lembek sehingga sudah tidak mempunya tenaga pegas, atau bisa juga karna kemasukan semut di dalamnya
kabel timmer pengering ada 2 untuk penyambunganya terbalik tidak masalah.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kulkas/Lemari Es Berikut Tanda Kerusakanya Semua Tipe

solusi : ganti dengan yg baru

5. Dinamo pengering terbakar, setelah kamu sudah melakukan tahapan semua di atas kamu baru bisa memvonis kalau dinamo ini terbakar. kerusakan dinamo ini  sering di sebabkan karana terkena air yg bocor pada pada seal pengering yg berada tepat di atas dinamo pengering, atau bisa juga saluran air pada tabung pengering tersumbat seperti kaos kaki, sarung tangan dll sehingga air tidak langsung keluar pada saat proses spin sehingga seal pengering akan bocor.

solusi :
a. bongkar dan bawa ke tukang gulung dinamo yg profesional.
b. ganti dengan baru, tapi perlu juga kamu ketahui kalau bahwa dinamo yg di jual  rata rata gulungan dari kawat almini bukan dari kawat tembaga, kamu harus jeli dalam membeli.

Dan untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat  tutorial video di bawah

Demikian artikel aku mengenai Solusi Mesin Cuci 2 Tabung Pengering Tidak Berputar dan Air Keluar Terus, semoga bermanfaat bagi anda.