Skip to main content

Search This Blog

Solusi Memperbaiki Dan Penyebab Harddisk Komputer Tidak Terbaca

Solusi Memperbaiki Dan Penyebab Harddisk Komputer Tidak Terbaca Di Update Maret 2019

Solusi Memperbaiki Dan Penyebab Harddisk Komputer Tidak Terbaca – Komputer PC atau laptop kamu rusak tidak mampu masuk Operating System Windows? Setelah dicek ternyata HDD / Harddisknya tidak terbaca. Jangan dulu panik karena ada beberapa penyebab Harddisk tidak terbaca dan solusi memperbaikinya. Jangan dulu berpikiran buruk bahwa harddisk kamu rusak dan harus ganti atau buru-buru membawanya ke tempat service komputer. mampu jadi masalahnya itu sepele. Di bawah ini ada tahapan pengecekan indikasi error harddisk mulai dari masalah setting software sampai kemungkinan kerusakan hardware. Baiknya kita mulai cek dari yg paling mudah dulu karena biasanya kalau umur harddisk masih baru biasanya Cuma masalah sepele. Inilah cara memperbaiki Harddisk error tidak terbaca atau lambat.

Solusi Memperbaiki Dan Penyebab Harddisk Komputer Tidak Terbaca

Solusi Memperbaiki Dan Penyebab Harddisk Komputer Tidak Terbaca Dengan Mudah

Hardisk atau dalam bahasa indonesianya ialah  “cakram keras” (aneh ya?) sering disingkat HDD. HDD ialah salah satu perangkat keras komputer yg berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Dalam komputer, hardisk mampu di temukan dan di gunakan secara internal ataupun eksternal. Saat ini biasanya memiliki kabel koneksi jenis SATA.


Masalah Umum Pada Harddisk – Solusi Memperbaiki Dan Penyebab Harddisk Komputer Tidak Terbaca

Sering sekali pengguna komputer atau laptop menemui masalah pada hardisk, salah satunya ialah hardisk lambat bacanya, tidak terbaca atau terlebih sekali-kali-sekali-kali tidak terbaca. Hal-hal ini tentunya jadi menghambat pekerjaandimana komputer tidak mampu menjalankan sistim operasi windows atau bekerja lebih lambat pada saat proses read dan write data.

Oke, langsung saja ke permasalahan. Berikut beberapa penyebab mengapa hardisk komputer tidak terbaca mulai dari yg paling ringan sampai yg paling berat.

Baca Juga :  Cara Perbaiki Suara Speaker Laptop Pecah Bunyi Krasak Kresek Dengan Mudah Dan Cepat

1.Pengaturan BIOS yg Salah

Sebelum berpikir buruk dan jauh coba cara ini dulu. Adanya pengaturan yg salah pada BIOS tentu saja mampu membuat hardisk tidak terbaca pada saat booting. Seperti kita ketahui BIOS atau Basic Input Output System ialah program yg mengatur dan mengontrol semua perangkat keras pada saat komputer pertama kali di hidupkan.

Jadi apabila pengaturan hardisk pada program BIOS salah, biasanya akan membuat hardisk tidak terbaca pada saat komputer mulai di hidupkan. Biasanya ini karena salah setting atau tidak sengaja keubah.

2. Kabel Konektor Hardisk Bermasalah

setelahitu kemungkinan kedua ialah pada kabel konektor Harddisk. Coba cek dulu apakah kabelnya longgar / terlepas atau tidak. Coba cabut dan pasang lagi kabel konektor HDD dan boot ulang. seandainya oke maka masalah selesai , seandainya tidak? Coba pakai kabel lain sejenis.

Kabel data hardisk di gunakan untuk menghubungkan hardisk ke motherboard komputer. apabila kamu ragu coba cek dengan kabel koneksi data yg lain ( mampu pinjem kabel SATA untuk DVD dulu), seandainya lancar berarti benar kabelnya yg bermasalah.

Masalah pada kabel hardisk sering membuat komputer tidak mampu masuk ke sistim windows, mungkin sebagian dari kamu akan menganggap hardisk sedang bermasalah, tapi sebenarnya kabel hardisklah yg menjadi penyebabnya.

3. Crash File

Kemungkinan ketiga ialah karena Crash File. Crash file mampu terjadi khususnya apabila kamu menjalankan proses multitasking pada saat bersamaan, misalnya pengguna menjalankan dua atau tiga jenis anti-virus dalam satu waktu yg sama sehingga mengakibatkan beberapa file crash dan akhirnya hardisk tidak mampu bekerja normal. Cara memperbaikinya yg paling praktis ialah format harddisk dan biasanya HDD akan kembali normal.

Baca Juga :  Tips Membeli Charger Adaptor Laptop Dan Cara mengetahui Spesifikasi Charger Laptop

4. HDD Bad Sector

Nah yg ini sudah mulai masuk ke kerusakan HDD intern. Salah satu penyebab paling sering di temukan mengapa hardisk komputer tidak terbaca ialah karena adanya bad sector. Bad sector pada hardisk akan menyebabkan komputer gagal beroperasi, user kehilangan data penting, dan sebagainya.

Penyebab bad sector hardisk mampu bermacam-macam, mulai dari mematikan komputer secara paksa atau tidak menggunakan fitur shut down, arus mati tiba-tiba, sehingga hardisk yg bekerja seketika mati dan kehilangan daya. Kondisi seperti ini tentu mampu mengakibatkan adanya inkonsistensi data atau data courrupt dan membentuk bad sector hardisk.

Cara memperbaiki Harddisk Bad sector cara paling praktisnya ialah dengan dengan cara diformat ulang secara khusus biasa disebut dengan istilah “HDD Low Format” seandainya masih bermasalah ialah dengan cara mengisolasi sektor yg rusak dengan program khusus.

5. Kerusakan Fisik

Jenis kerusakan ini ialah yg paling parah. Hardisk tidak terbaca mampu dikarenakan adanya kerusakan fisik pada hardisk. Kasus ini sering di temukan pada hardisk yg sudah berumur tua atau hardisk mengalami crash seperti benturan atau arus yg tidak stabil yg mengakibatkan kerusakan pada mekanik hardisk.

seandainya masalahnya sudah kerusakan fisik seperti ini tidak ada jalan lain selain membeli harddisk baru. seandainya mampu dibetulkanpun umurnya tidak akan lama. Ini masalahnya sama dengan Flashdisk yg terlalu sering jatuh.

Oke cukup sekian uraian mengenai cara memperbaiki harddisk komputer dan laptop yg lambat atau tidak terbaca ini. Semoga solusi perbaikan dan cara mngatasinya ini bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca.