Skip to main content

Search This Blog

Solusi Masalah SELENOID WATER INLET MESIN CUCI

Solusi Masalah SELENOID WATER INLET MESIN CUCI Di Update Juni 2019

Fungsi Water Inlet dan Cara Kerjanya – Mengenal bagian dari sebuah mesin cuci, khususnya mesin cuci 1 tabung automatic baik front loading ataupun top loading ada banyak alat yg mempunyai fungsi dan cara kerja masing masing.

Sebuah mesin cuci automatic mampu bekerja sendiri dari mulai pengisian air, mencuci, membilas sampai proses pengeringan hanya kita program cukup dengan menekan tombol ON dan START.

Solusi Masalah SELENOID WATER INLET MESIN CUCI


Lho kok mampu ya….? Ya mampu aja, kenapa tidak….

Mesin cuci automatic diprogram oleh sebuah modul yg berisi IC PROGRAM yg berfungsi memerintah alat alat untuk membantu mengerjakan semua proses pencucian, alat-alat itu bekerja menurut fungsinya seperti bahwa

  • WATER INLET ( selenoid )
  • WATER LEVEL ( pengatur volume air )
  • MOTOR DRAIN ( membuang air )
  • MOTOR SPIN / WASH

Alat tersebut diatas mempunyai tugas masing-masing secara bergantian menurut proses sebuah mesin cuci.

Kali ini kami akan membahas secara tuntas berkenaan SELENOID WATER INLED

FUNGSI SELENOID WATER INLET

Alat ini berfungsi membuka dan menutup saluran air masuk dari kran air ke mesin cuci secara automatic. Alat ini hanya ada di mesin cuci 1 tabung, baik type top loading ataupun front loading.

Selenoid water inlet bekerja ketika ada arus listrik masuk 220 volt.

Bagai mana cara kerjanya….?

Selenoid water inlet didalamnya dilengkapi sebuah klep penutup dan terdapat kumparan magnet, seumpama tidak ada arus listrik masuk maka klep akan menutup saluran air masuk. seumpama selenoid water inlet bekerja (ada arus listrik ) maka klep ditarik oleh kumparan medan magnet lalu akan membuka dan air mampu masuk.

CARA CEK SELENOID WATER INLET

Siapkan sebuah alat multi tester, lalu setel ke 1x atau 10x dan ukur pin soket pada selenoid water inlet, seumpama jarum bergerak maka selenoid water inlet masih kondisi bagus, sebaliknya seumpama jarum multitester tidak bergerak, maka kumparan magnet sudah putus atau rusak ( ganti baru ).

Baca Juga :  Solusi CODE ERROR MESIN CUCI SAMSUNG LENGKAP

seumpama tidak mempunyai multi tester apa mampu mengecek selenoid water inlet….?

Jangan kuatir…..seumpama kamu tidak mempunyai multimeter kamu mampu mengecek dengan cara lain, bahwa beri secara langsung tegangan ke pin soket pada selenoid water inlet dengan arus listrik 220 volt. seumpama selenoid masih berfungsi baik, maka akan terjadi getaran dari kumparan magnet.

Mengapa selenoid water inlet bergetar tapi air tidak mampu mengalir……?

Sebuah selenoid water inlet pada ujung dari selang kran sebelum air masuk diberi sebuah filter, fungsi dari filter ini bahwa untuk menyaring kotoran air dari kran sumber air agar tidak masuk kedalam selenoid water inlet agar tidak mengotori kedalam selenoid tersebut yg mampu merusak fungsi dari klep selenoid.

 

Lihat gambar diatas baik-baik, letak filter ada di dalam selenod.

seumpama filter kotor maka air tidak akan mampu masuk ke tabung secara lancar mampu jadi seumpama terlalu kotor maka air tidak mampu masuk sama sekali.

Gimana cara membersihkan filter selenoid water inlet…?

Silahkan copot selang yg ke mesin cuci ( selenoid ) lalu pada lubang selenoid kamu mampu melihat filter tersebut dan lalu tarik menggunakan tang dan bersihkan dengan sikat, lalu masukkan kembali kedalam lubang selenoid.

Pasangkan kembali selang tersebut lalu coba….

Tet tetttttt, air lancar kembali dan mesin cuci siap di gunakan. Itulah Solusi Masalah SELENOID WATER INLET MESIN CUCI semoga membantu anda.