Skip to main content

Search This Blog

Cara Perbaiki Tombol Power dan Volume HP Android Dengan Mudah

Cara Perbaiki Tombol Power dan Volume HP Android Dengan Mudah Di Update Juni 2019

Cara Perbaiki Tombol Power dan Volume HP Android Dengan Mudah – Bagi kamu yg telah memiliki HP android yg cukup berumur, misalnya saja pemakaian lebih dari 1-2 tahun maka biasanya akan mengalami masalah ini. Tombol Power ataupun Tombol volume pada HP android kamu sulit merespons dan sesekali tidak berfungsi. Hal ini tentu merepotkan bukan? Nah sebelum kamu membawanya ke tempat service HP alangkah lebih baiknya seandainya memperbaikinya sendiri karena ini termasuk kerusakan ringan pada HP. Sayang khan bayar service untuk sesuatu hal yg bisa kita perbaiki sendiri. Inilah cara perbaiki sendiri tombol power dan volume HP android kamu dengan mudah. Syaratnya asal ada peralatan yg diperlukan dan dikerjakan dengan teliti dan hati-hati. Itu saja.

Cara Perbaiki Tombol Power dan Volume HP Android Dengan Mudah

Cara Perbaiki Tombol Power dan Volume HP Android Dengan Mudah – Penyebab

Apa yg mempengaruhi hal itu? Banyak hal yg mempengaruhi terjadinya tombol power rusak, diantaranya mungkin dampak hp terendam air, atau terlalu sering restart dengan tombol dan penggunaan tombol volume yg berlebihan. bisa juga diakibatkan oleh penggunaan yg tidak benar seperti sering dimasukkan dalam saku celana yg sempit.


Tombol Power dan Volume Rusak pada HP Android memang sangat mengganggu dalam penggunaan. Apalagi untuk membuka dan mengunci layar hp yg terkunci tentunya harus menggunakan tombol power untuk menyalakan lampu layar. Memang pada kebanyakan ponsel saat ini yg menggunakan desain layar sentuh, tombol power dan tombol volume up down berada di samping, lebih tepatnya di samping kanan. Hal ini menyebabkan mudahnya tertekan saat kita memasukkan ponsel ke dalam saku apalagi saku yg berbahan keras sehingga terkena tekanan dalam jangka waktu yg cukup lama.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang Pada Android Saat Digunakan

Selain itu, desain saat ini membuat tombol atau casing untuk volume dan power yg menyatu dengan casing membuatnya mudah lepas sehingga biasanya lebih mudah terkena kotoran masuk. Hal ini menyebabkan mudahnya kemasukan debu dan kotoran yg nantinya mengerak dan membuat ytombol tidak berfungsi. Lalu bagaimana cara mengatasi Tombol power tidak berfungsi atau rusak? Nah kali ini kita akan membahas mengenai masalah ini dan cara memperbaikinya.

Langkah Cara Perbaiki Tombol Power dan Volume HP Android Dengan Mudah

Memperbaiki Tombol Power dan Volume HP Android.

Siapkan beberapa peralatan yg diperlukan, diantaranya:

  • Obeng HP
  • Lem
  • Pinset
  • Cutter

Untuk mengatasi tombol power dan volume rusak pada hp android atau smartphone layar sentuh, berikut langkah-langkah yg bisa dilakukan :

1. Langkah pertama, buka casing. Di beberapa ponsel, dengan membuka casing sudah terbuka juga tombol power dalamnya atau plat metal pada tombol. tapi andaikan belum atau ponsel yg tombolnya masih menempel dengan plat, maka harus membuka baut casing juga.

2. setelah itu, buka plat konduktor atau pelapis plat untuk tombol yg rusak baik tombol power atau tombol volume yg ada di sisi ponsel. Buka dengan menggunakan cutter atau obeng tipis agar bisa terlihat lempengan seng bundar sebagai konektor switch tombol power atau volume. Bukalah dengan hati-hati agar tidak merusakplat tersebut karena bahannya tipis dan sifatnya mudah berubah. pastikan tetap menggelembung seperti itu agar bisa berfungsi sebagai tombol.

3. Nah setelah itu periksa lempengan plat metal tersebut, karena yg menyebabkan tombol rusak biasanya beberapa hal diantaranya :

  • Kotoran atau kerak yg menempel sehingga menghalangi konektivitas
  • Karat atau korosi yg menyebabkan tombol tidak terkoneksi dengan baik
  • Lempengan plat tidak pada posisi
  • Ada sambungan yg putus
Baca Juga :  Solusi Cara Kalibrasi Touchscreen Tidak Berfungsi Di HP Android

4. Setelah diperiksa dan menemukan penyebabnya, kamu bisa langsung memperbaikinya. seandainya terdapat kerak atau kotoran, cukup bersihkan dengan contact cleaner atau semprotan debu

5. andaikan terdapat karat atau korosi, gosok dengan ujung cutter secara perlahan agar karat menipis

6. andaikan tidak tepat pada poisis, dan masih bsia digunakan lagi, tempatkan kembali. tapi andaikan sudah tidak bsia digunkana lagi atau rusak, ganti dengan yg baru.

7. andaikan semuanya baik tapi masih tdiak berfungsi, kemungkinan besar ada sambungan yg putus. Untuk poin ini, seandainya kamu tidak mengetahui elektronika, disarankan bawa ke tukang service agar ditangai dengan baik.

8. seandainya sudah menemukan penyebabnya dan berhasil, pasang kembali plat dengan membagikan sedikit lem pada tepi lempengan plat kemudian tutup kembali casing kemudian nyalakan.

9. Tombol power atau tombol volume di android sudah bsia digunakan.

seandainya memang ada jalur atau sambungan pada tombol power yg putus atau adanya kerusakan hardware lainnya, seandainya kamu memiliki mutitester, bisa mengeceknya dengan menggunakan multi tester untuk memastikan adanya jalur yg putus.

Bagaimana mudah bukan? Cara memperbaiki tombol volume dan power yg rusak pada HP androis ini tidaklah terlalu sulit. malahan bagi kamu yg memiliki dasar pengetahuan elektronika hal ini sangat menyenangkan. Mampu mengutak ngutik dan memperbaikinya sendiri. Tapi seandainya kamu tidak yakin ya sebaiknya bawa saja ke tempat service HP untuk diperbaiki.