Skip to main content

Search This Blog

Cara Servis Pasang Modul Universal Mesin Cuci Samsung WA90F4

Cara Servis Pasang Modul Universal Mesin Cuci Samsung WA90F4 Di Update Juni 2019

Cara Pasang Modul Universal Mesin Cuci – Modul mesin cuci atau biasa orang awam menyebutnya digitalnya mesin cuci ialah komponen yg berfungsi mengatur semua proses  kerja dari mesin cuci mulai air pertama masuk, lama waktu mencuci, banyak sedikitnya air di drum pencuci, sampe pada proses spin yg terakhir semua diatur oleh komponen modul ini.

Kalau aku ibaratkan mesin cuci ini ialah manusia. Maka komponen modul ini ialah otak dari manusia, kira kira seperti itu bahasa gampangnya.

Apa penyebab modul pada mesin cuci bisa rusak?

1. Modul terkena air.

ini ialah penyebab yg paling sering terjadi, jikalau instalasi air di rumah kamu hanya mengandalkan tandon atau PDAM yg mana tekanan airnya kecil tentunya proses pengisian air ke drum mesin cuci akan lama dan orang akan cenderung mengisinya manual bahwa dengan selang atau langsung air dalam timba dimasukan ke mesin cuci. air inilah yg kemudian masuk di sekitar modul sehingga modul menjadi lembab dan mudah terjadi konsleting di dalam PCB modul.


Cara Pasang Modul Universal Mesin Cuci
solusi jikalau melakukan pengisian secara manual ialah melalui selang yg dilewatkan pada bagian samping mesin cuci dan jangan di lewatkan dari depan.

2. Tekanan air di rumah kamu  kecil (tidak memakai pompa air).

kalau tekanan air kecil maka proses pengisisan air juga menjadi lama, ini akan berpengaruh pada komponen solenoid valve bisa terbakar spolnya dan kalau spol (kumparan) terbakar biasanya spol akan hubung singkat  yg menyebabkan transisitor penggerak di dalam modul terbakar. juga beberapa komponen di dalam modul seperti IC yg mana harusnya bekerja cuman sekian menit tapi karna air masuk tidak lancar akhirnya memperpanjang waktu kerja IC tersebut
solusi pasanglah pompa air otomatis (bisa mati sendiri saat semua kran tertutup) jikalau tekanan air di rumah kamu kecil karna ini akan memperpanjang usia mesin cuci kamu.

3. Tegangan listrik di rumah kamu tidak stabil.

maksud dari tidak stabil ialah kadang kala naik dan kadang kala turun tapi banyak turunya, cara mengetahuinya jikalau lampu di rumah kamu sering redup sendiri.
solusi lakukan proses pencucian di luar beban puncak PLN misal pada pagi hari sebelum jam 6 pagi atau memasang stabilizer pada mesin cuci.

Baca Juga :  Harga Biaya Service HP Android Yang Sinyal Hilang

Bagaimana menangani permasalahan jikalau modul mesin cuci di rumah kamu rusak?

1.  Mengganti  modul yg rusak tadi dengan modul original nya mesin cuci.

Hanya sebagian orang saja yg mau mengganti modul dengan modul original, kalau menerut pengalaman service aku selama ini mungkin hanya 1 diantara 10 orang yg mau, mengapa?
a. harga yg relatif mahal.
b. proses yg lumayan lama, rata rata orang maunya panggil tukang service  datang  trus mesin cucinya sembuh bisa dipakai lagi, padahal tidak seperti itu karna untuk modul original jarang sekali toko yg jual dan hanya bisa di beli di dealer resminya saja itupun kadang kala harus inden 1 minggu.

2. modul mesin cuci di modifikasi menjadi  manual.

Sebagaimana penjelasan diatas bahwa modul ini berfungsi sebagai OTAK nya mesin cuci, jadi cara kerjanya semua otomatis kamu tinggal set program dan di tinggal nanti akan selesai sendiri tanpa repot repot mengisi air di drum , membilas, dan mengeringkan.
Bagaimana cara kerja modif manual ini? mungkin nanti akan aku buatkan artikel dan video yg lengkap khusus membahas masalah ini. tapi pada intinya fungsi komponen modul ini sudah tergantikan oleh komponen timer pencuci dan timer pengering kalau kamu punya mesin cuci manual 2 tabung maka cara kerjanya persis sama hanya bedanya baju tidak perlu di pindah ke tabung satunya untuk di keringkan.
alternatif ini yg paling banyak di minati oleh orang kalau aku katakan 5 dari 10 orang yg memilih car ini. mengapa
a. harga yg relatif murah
b. proses pengerjaan yg cepat dan komponen juga banyak di jual di toko.
c. tingkat resiko kerusakan lagi kecil.

3. Mengganti modul yg rusak tadi dengan modul universal/modul multi.

Modul universal atau biasa orang menyebut modul multi ialah modul yg bisa di pasang pada semua mesin cuci top loading (bukan front loading/bukaan depan).

Apa perbedaan modul original dengan modul universal ini? Pada prinsipnya sama saja hanya pada modul universal ini cara kerjanya lebih ringkas hanya terdiri dari beberapa tombol saja.

Baca Juga :  Solusi Dan Penyebab Kipas Angin Lambat Berputar

a. tombol on/off  befungsi menyalakan dan mematikan mesin cuci
b. tombol proses berfungsi untuk memilih proses apa yg akan kita jalankan misal untuk
proses cuci+bilas+kering
proses bilas+kering saja
proses kering saja
c. tombol water level berfungsi untuk mengatur debit air didalam drum mesin cuci dimana kebutuhan air tentunya akan berbeda tergantung pada jumlah baju yg di cuci.
d tombol start/pause berfungsi untuk memulai proses mencuci.

Tetapi pada modul bawaan mesin cuci apalagi mesin cuci keluaran terbaru dimana banyak pilihan tombol yg  kurang efektif menurut aku dan juga lumayang membingungkan untuk sebagian orang apalagi bagi ibu ibu yg sudah lanjut usia dan gaptek. ambil contoh saja tombol untuk memilih jenis baju yg akan di cuci dan tombol delay start dll.

Bagaimana cara pasang modul universal ini pada mesin cuci?

Proses pemasangan ini sebenarnya tidak terlalu sulit yg penting kamu harus mengerti terlebh dahulu fungsi komponen-komponen yg berhubungan saat pemasangan modul universal.

1. solenoid valve

ialah komponen yg berfungsi sebagai kran masuknya air ke dalam mesin cuci, bahasa gampangnya seperti ini kalau di ibaratkan dengan kran air.
kran air = air bisa lewat jikalau ontel kran di putar dengan tangan
solenoid valve = air bisa lewat jikalau spul/kumparanya diberi listrik  220 volt
jadi pengertian solenoid valve ialah kran  yg di gerakan oleh listrik 220 volt.

solenoid juga banyak macamnya  dilihat dari
a. bentuknya
b. tegangan kerjanya ada yg 3 volt, 12 volt, 28 volt dan 220 volt
c. kapasitas tekanan beban misal max 2 bar, 6 bar, 10 bar
d. apa yg di salurkan, misal solenoid valve untuk air beda dengan untuk angin atau untuk gas.

tapi pada mesin cuci semua sama bahwa tegangan kerjanya di 220 volt. hanya bentuknya saja yg berbeda pada tiap merek mesin cuci.

2. Water level / sensor air / pressure switch

ialah komponen yg berfungsi membaca debit air di dalam drum mesin cuci, dimana hasil bacaanya di kirim ke modul, kemudain modul memerintahkan solenoid valve berhenti mengisi air dan memerintahkan dinamo untuk berputar.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Mesin Cuci Top Loading Sharp Yang Air Masuk Tidak Lancar

water level di mesin cuci ini menurut cara kerjanya ada 2 macam :
a. water level manual artinya sinya yg dikirimkan ke modul ialah NO (normaly open) dan
NC (normaly close).
bahasa gampangnya jikalau air di dalam drum sudah terpenuhi maka pin soket di water level sambung, tapi kalau air belum terpenuhi pin soket tidak sambung
a. water level elektrik artinya sinyal yg dikirimkan ke modul ialah nilai resistansi dari hasil tekana air.

Sedangkan menurut sambunganya water level ini ada 2 macam :
a. 2 kabel
b. 3 kabel

3. motor drain / retractor

ialah komponen yg mempunyai 2 fungsi
a. menarik seal pembuangan sehingga air dari drum mesin cuci bisa keluar.
b. menarik tuas gearbox sehingga gear box berpindah putaran, yg mana pada saat mencuci yg berputar  ialah pulsator sedangkan saat proses pengeringan ialah dinding drum yg berputar.
motor drain ini terdiri dari 2 bagian motor dan mekanik,
kerusakan yg paling sering terjadi pada motor drain ini ialah pada bagian mekanik (tidak kuat menarik).

4. door switch

ialah komponen berupa saklar on / off yg digerakan dari tutup mesin cuci, jikalau tutup mesin cuci dalam kondisi tertutup maka door switch ini hubung dan jikalau tutup mesin cuci ini dalam keadaan terbuka maka doorn switch ini tidak hubung.
door switch mesin cuci ini ada 2 jenis :
a. door switch mekanik seperti yg aku uraikan di atas.
b. door switch magnet yg hanya terdapat pada merek LG saja.

5. Dinamo / motor

ialah komponen yg berfungsi sebagai penggerak mesin cuci, dinamo pada mesin cuci jenis top loading ini hanya memekai dinamo 1 buah, beda dengan mesin cuci 2 tabung dinamo ada 2 buah untuk pencuci dan pengering.
kerusakan dinamo pada jenis mesin cuci top loading ini sangat jarang terjadi.

Itu semua ialah komponen yg berhubungan pada saat pemasangan modul universal / multi, jadi jikalau kamu ingin mengganti modul mesin cuci kamu yg rusak dengan modul universal maka kamu harus mengetahui fungsi dan jalur kabel dari 4 komponen tersebut.

Itulah Cara Pasang Modul Universal Mesin Cuci , semoga bisa membantu anda.