Skip to main content

Search This Blog

Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola Yang Lemah Agar Banyak Chanelnya

Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola Yang Lemah Agar Banyak Chanelnya Di Update Juni 2019

Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola Yang Lemah Agar Banyak Chanelnya – Pernahkah tv parabola kamu tiba tiba hilang sinyal nya ? Tentu saja sangat mengganggu bukan ? Sinyal parabola yg lemah atau hilang bisa terjadi di karenakan banyak hal, bisa saja perlahan lahan melemah hingga akhirnya hilang.  

bisa jadi penyebabnya yaitu cuaca misalnya angin ribut, yg menyebabkan arah parabolanya bergeser atau penyok pada parabola jaring. bisa juga karena connector sering kemasukan air sehingga menjadi kotor, berkarat dan bisa juga patah.Sinyal parabola yg lemah bisa juga di sebabkan oleh LNB yg sudah lemah, tapi hal ini sangat jarang terjadi.  

Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola Yang Lemah Agar Banyak Chanelnya


Lalu cara apa saja yg bisa kita lakukan untuk memperkuat sinyal parabola yg lemah ? Ada beberapa cara yg biasanya dilakukan, cara ini kami tulis berdasarkan berbagai sumber dan tentunya pengalaman selama berkecimpung di dunia parabola selama ini. Yuk langsung saja kita bahas satu persatu.  

Solusi Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola Yang Lemah Agar Banyak Chanelnya

Cek parabola kamu secara visual. Coba perhatikan parabola kamu, apakah ada salah satu yg aneh ? Apakah ada jaring yg penyok ? Apakah ada ada baut yg hilang atau bergeser ? Apakah ada sesuatu yg menutupi LNB atau tersangkut di parabola ? Cek juga setingan receiver kamu, pastikan transponder, frekuensi, setting diseqc, dan setingan lainnya seperti seharusnya. Cek juga Cara Memprogram Parabola sebagai panduannya. Hasil pengamatan visual ini akan menentukan langkah yg akan di lakukan setelahitu. 

Cek conector RG 6 pada belakang receiver dan pada LNB kamu. Pastikan connector bersih, tidak ada jamur, tidak ada serabut grounding yg bersinggungan dengan kawat tembaga nya. Agar lebih meyakinkan, lepas saja connectornya, jikalau yakin masih bagus, connector bisa di pasang kembali. akantetapi jikalau terdapat semacam jamur, atau karat, dan lain lainya, Lepas connector, potong kabel antena nya sekitar 10 cm an, kemudian connector di pasang kembali, atau bisa sekalian di ganti saja connectornya jikalau ada. 

Cek Baut klem LNB. Sinyal lemah bisa juga di akibatkan karena arah LNB tidak sesuai dengan seharusnya. jikalau LNB di frekuensi Ku Band, kebanyakan arah connectornya ke arah horizontal, akantetapi jikalau C Band, perhatikan arah barat timurnya sesuai. jikalau arahnya melenceng, silahkan kembalikan seperti semula. 

Cek baut antena. Apakah ada yg kendor atau hilang karena terlepas. jikalau baut antena kendor yg menyebabkan pergeseran arah antena parabola kamu, perlu dilakukan repointing ulang, atau mengarahkan kembali antena parabola ke satelit. jikalau kamu seorang pemula, kamu bisa menggunakan aplikasi android bernama Satfinder, untuk membantu mengetahui arah yg tepat ke satelit. 

Untuk repointing arah antena, pastikan setting receiver kamu pada transponder yg tepat, atau bisa juga menggunakan Frekuensi Terkuat Satelit C Band dan Frekuensi Terkuat Satelit Ku Band. Nah setelah kamu menemukan transponder terkuat tersebut, kamu bisa cek juga transponder transponder yg lainya, apakah sudah bisa sinyal atau belum. 

jikalau belum, coba gerakkan pelan pelan arah parabola kamu sampai mendapat sinyal di transponder yg di kehendaki. Jangan lupa, tandai dengan bolpoint atau spidol permanen, titik lokasi parabola di antena atau tiang parabola, supaya ada patokan arah jikalau sinyal kembali hilang saat di maksimalkan. 

yg sekali-kali terlupa, sekali-kali parabola kita memakai splitter, disecq dan semacamnya, cek juga connectornya disana. bisa jadi yg bermasalah di sana. Atau mungkin malah diseqc atau splitter tersebut yg mati. Kalau harus ganti, harganya engga mahal juga kok. 

Cek juga receiver nya, walaupun bisa di bilang jarang terjadi, yg namanya perangkat elektronik bisa saja rusak  tiba tiba. Coba pinjem dulu receiver punya temen atau tetangga buat ngecek, atau bawa receiver kamu untuk di pasang di parabola tetangga. 

bisa juga kita menambahkan sebuah line amplifier jikalau panjang kabel parabola kita lebih dari 20 meter. Alat ini lumayan bisa menaikkan sinyal parabola kamu, harganya berbeda-beda sekitar 75 – 100 ribuan. Tapi jikalau panjang kabel antena parabola kamu hanya 20 meter, alat ini tidak akan memberi efek sama sekali.  

Ganti reflektor antena dengan yg lebih luas. jikalau kamu memakai reflektor dengan ukuran 60 cm, coba ganti dengan ukuran 80 cm untuk ku band. jikalau kamu memakai parabola jaring 6 feet, bisa di ganti dengan ukuran 8 feet, atau mungkin 10 feet. akantetapi tentunya ini membutuhkan banyak biaya dan tenaga. 

Bermacam cara bisa kita lakukan untuk memperkuat sinyal parabola yg lemah. Silahkan praktekkan cara cara di atas satu persatu sesuai dengan kondisi di lokasi kamu masing masing. jikalau kamu masih mengalami kesulitan, silahkan panggil teknisi langganan kamu, atau kamu bisa tanyakan di kolom komentar di bawah ini.

Itulah Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola Yang Lemah Agar Banyak Chanelnya, semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Tips Cara Memilih Receiver Parabola TV Satelit Terbaik Berkwalitas Juli 2018