Skip to main content

Search This Blog

Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Cepat

Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Cepat Di Update Juni 2019

Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Cepat – Bagi kamu yg berdomisili di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi Dan Tangerang ataupun kota lain yg berhawa panas tentunya peran AC dan kipas angin sangat besar artinya. Bagaimana bisa tidur nyenyak kalau udara panas dan nyamuk menyerang dengan gencar. Nah peran kipas angin itu disini manfaat terbesarnya. Bikin udara jadi adem dan mengusir nyamuk. Repotnya kalau pas kipas angin rusak? Oke di bawah ini ada Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Cepat. Intinya dimulai dara cara memeriksa penyebab kerusakannya apa dan nantinya bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki kipas angin sampai dengan tuntas.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Cepat Sendiri

Kipas angin sangat vital fungsinya untuk kamu yg berada di daerah berhawa panas. tapi seperti halnya barang elektronik lainnya, kipas angin pun rusak atau apalagi mati total. apabila sudah begini rasa kenyamanan kamu tinggal di rumah akan berkurang. Sebelum kamu buru-buru membeli kipas angin yg baru, kamu bisa mencoba memperbaiki kipas angin mati total tsb sendiri di rumah.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Cepat


Langkah Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Sebelum kamu memperbaiki kipas angin mati total tsb, pastikan kipas angin tsb tidak terhubung dengan sumber arus listrik.

Daftar Periksa Penyebab Kerusakan Kipas Angin

Berikut ini ialah daftar periksa yg perlu kamu lakukan untuk memperbaiki kipas angin mati total:

1. Periksa kabel power kipas angin apakah ada yg terkelupas / putus.

Untuk memeriksa kabel power yg putus di bagian dalam kita memerlukan bantuan AVO meter / multimeter. Cara memperbaiki kipas angin mati total karena kabel power putus ialah dengan menggantinya dengan yg baru.

Baca Juga :  Solusi Cara Memperbaiki Mengatasi Monitor LCD Redup, Mati Atau Blank Terlengkap

2. Periksa koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan

speed switch kipas angin. Gunakan AVO meter untuk memeriksa koneksi setiap kabel yg menempel pada panel (biasanya ada 2-3 buah kabel yg berasal dari motor kipas angin / trafo kumparan) dengan 1 buah kabel yg menuju sumber arus listrik langsung. Untuk memeriksanya potong bagian tengah kabel, posisikan saklar AVO meter pada x1 atau x10, tempelkan setiap probe pada kabel yg berasal dari trafo / kumparan secara bergantian. apabila jarum AVO meter bergerak ke kanan artinya ada koneksi dan ini berarti kumparan kipas angin masih bagus. apabila jarum tidak bergerak artinya ada kerusakan di bagian kumparan. Kemungkinan yg rusak / putus ialah bagian sekering / thermofuse atau mungkin di bagian kawat kumparan. Cara memperbaiki kipas angin mati total karena sekering putus maka bisa diganti dengan yg baru. Sementara cara memperbaiki kipas angin mati total karena kumparan trafo yg rusak, maka bawalah trafo tsb ke tempat service atau ganti dengan yg baru.

3. Periksa kapasitor kipas angin. Kapasitor yg lemah, rusak, atau mati bisa menyebabkan kipas angin berputar lambat. 

Kapasitor biasanya berbentuk kotak hitam dan terletak di belakang tutup kipas angin. Kapasitor rusak ditandai dengan bentuk fisik menggembung, membengkak, atau pecah. Cara memperbaiki kipas angin mati total karena kapasitor rusak ialah dengan cara mengganti kapasitor tsb dengan yg baru. Baca juga artikel sebelumnya sebagai perbandingan.

Contoh Kasus : Cara Memperbaiki Kipas Angin Merk Panasonic Mati Total

Langkah Perbaikan Kipas Angin Mati Total

Sebelum melakukan perbaikan, pastikan kipas angin tidak terhubung dengan sumber arus listrik.

1. Hal pertama yg ane lakukan untuk kasus kipas angin mati total ini dengan memeriksa kabel power apakah ada yg putus untuk memeriksanya menggunakan Multimeter/AVO meter, tapi setelah ane periksa kabel tidak putus (seandainya kabel putus sambung kembali atau ganti dengan yg baru).
2. lalu memeriksa panel tombol pengaturan kecepatan putaran kipas angin, untuk memeriksanya gunakan Multimeter/AVO meter untuk memeriksa koneksi setiap kabel yg terhubung dengan panel biasanya ada 2-3 buah kabel yg menuju dinamo kipas angin dan 1 kabel dari sumber arus listrik, Untuk memeriksanya posisikan saklar AVO meter pada x1 atau x10, tempelkan probe pada setiap kabel yg menuju dinamo secara bergantian. apabila jarum bergerak ke kanan artinya ada koneksi/tehubung dan ini berarti kumparan kipas angin masih bagus. seandainya jarum tidak bergerak artinya ada kerusakan/putus di bagian kumparan. Kemungkinan yg rusak/putus pada bagian sekering/thermofuse atau mungkin di bagian kawat kumparan. Setelah ane periksa teryata ada yg tidak terkoneksi/terhubung.

Baca Juga :  Harga Power Bank Xiaomi Slim Asli Original Murah Asli Terbaru Juli 2018

3. Setelah memeriksa sambungan pada panel, ane berkemungkinan ada yg putus pada dinamo, Kemudian ane membongkar dinamo kipas angin tersebut dan langsung mencari sekering/thermofuse yg kemungkinan putus, untuk cara pengecekan thermofuse dengan menggunakan Multimeter/AVO meter dengan mengatur posisi sakelar pada x1 atau x10 langsung posisikan kedua probe pada masing-masing kaki thermofuse.

seandainya jarum tidak bergerak bisa di pastikan thermofuse sudah rusak/putus. seandainya dipastikan thermofuse sudah putus lihat thermofuse yg digunakan, pada kipas ane ini bertuliskan 2A langsung saja ane ganti dengan yg baru, ane tidak menggantinya dengan thermofuse sama karena tidak bisa yg 2A jadi ane gunakan saja yg ampere diatasnya sedikit ialah 3A dan bentuknya juga berbeda. thermofuse bisa di beli di toko komponen Elektronika dengan harga berkisar Rp. 3000 untuk yg 3A (di daerah ane).

Pada thermofuse yg baru jarum bergerak ke kanan menandakan thermofuse masih berfungsi dengan baik (yaa jelas masih baru) lalu ganti dengan thermofuse yg baru dengan cara memotong kaki thermofuse yg lama kemudian ganti dengan yg baru.

Setelah thermofuse diganti dengan yg baru rapikan dan pasang kembali dinamo dengan mengunci baut-baut dengan ketat.

4. lalu memeriksa Kapasitor kipas angin, Kapasitor yg lemah, rusak, atau mati bisa menyebabkan kipas angin berputar lambat. Kapasitor kipas angin ini biasanya berbentuk kotak hitam dan terletak di belakang dinamo. untuk menentukan Kapasitor rusak cukup melihat bentuk fisik menggembung, membengkak, atau pecah, seandainya kapasitor sudah rusak langsung ganti dengan yg baru.

Setelah memeriksa semua komponen, kemungkinan hanya thermofuse yg rusak dan thermofuse tersebut sudah ane ganti dengan yg baru, kemudian langsung saja ane tes dengan menghubungkan dengan sumber arus listrik untuk menyalakan kipas dan benar saja kipas angin langsung berfungsi dengan normal.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Mejikom Nasi Cepat Basi Dengan Mudah

Demikianlah tips Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Cepat untuk memperbaiki kipas angin yg tepat dan benar. Keuntungannya ialah memperbaiki kipas angin sendiri selain mengasah kemampuan juga bisa menghemat pengeluaran. Semoga membantu anda.